Thursday, March 28, 2013

Kepribadian Guru Agama Islam

Kepribadian Guru Agama Islam
Dalam islam guru merupakan orang yang menjadi panutan dantauladan bagi anak didiknya. Oleh karena itu guru agama islam hendaknyamempunyai kepribadian yang baik danjuga mempunyai kemampuan yangbaik pula.

Dalam hal ini ada beberapa kemampuan atau kompetensi yangharus dimiliki oleh setiap guru agama islam yaitu:
  • Penguasaan materi islam yang komprohensif serta wawasan dan bahanpengayaan, terutamadalam bidang-bidang yang menjadi tugasnya.
  • Penguasaan strategi (mencakup pendekatan metode, teknik)pendidikan agama islam, termasuk kemampuan evaluasinya.
  • Penguasaan ilmu dan wawasan pendidikan.
  • Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitianpendidikan pada umumnya guna keperluan pengembangan pendidikanislam.
  • Memiliki kepekaan terhadap informasi secara langsung atau tidaklangsung yang mendukung kepentingan tugasnya.
Untuk mewujudkan pendidikan yang professional, dapat mengacupada tuntunan Nabi SAW, karena beliau satu-satunya pendidik yangpaling berhasil dalam rentang waktu yang begitu singklat, sehinggadiharapkan dapat mendekatkan realitas (pendidik) dengan yang ideal (Nabisaw).

Setiap guru mempunyai pribadi masing-masing sesuai ciri-ciripribadi yang mereka miliki. Cirri-ciri inilah yang membedakan seorangguru dari gurulainnya. Keapribadian adala faktor yang sangat berpengaruhterhadap keberhasilan seorang guru sebagai pengembangan sumber dayamanusia. Karena disamping ia berperan sebagai pembimbing danpembantu juga berperan sebagai panutan.

Mengenai pentingnya kepribadian guru seorang psikologiterkemula professor doktor Zakiah Darajat menegaskan: ”kepribadianitulah yang akan mementukan apakah ia menjadi pendidik dan membinayang baik bagi anak didiknya. Atukah akan menjadi perusak ataupenghancur bagi hari depan anak didik yang masih kecil (Tingkat SekolahDasar) dan mereka yang sedang mengalami kegoncangan jiwa (tingkatmenengah).

Oleh karena itu setiap calon guru dan calon professional sangatdiharapkan memahami bagaiman karakteristik (ciri khas) kepribadiandirinya yang diperlukan sebagai panutan para siswanya.

Ciri-ciri khas kepribadian seorang, untuk sebagian, nampak dalamcara dia melakukan pekerjaannya. Kenyataan ini semakin berlaku dalampekerjaan seorang guru, yang mendidik generasi muda sekolah. Sadar atautidak dengan kehadirannya dikelas, guru sudah memberikan pengaruhterhadap perkembangan siswa. Oleh karena itu guru memiliki kepribadianseperti:
a. Penghayatan nilai-nilai kehidupan
b. Motivasi Kerja
c. Sifat dan sikap.

Kepribadian adalah keseluruhan dari individu yang terdiri dariunsur psikis dan fisik. Dalam makna demikian, seluruh sikap danperbuatan seseorang merupakan suatu gambaran dari kepribadian orangtua, asal dilakukan secara sadar.

Dengan kata lain, baik tidaknya citra seseorang ditentukan olehkepribadian. Lebih lagi bila seseorang guru, masalah kepribadianmerupakan faktor yang menentukan terhadap keberhasilan melakukantugas sebagai pendidik.

Sebagai teladan, guru harus memilikikepribadian yang taatdijadikan profil dan idola, seluruh kehidupannya adalah figur yangparipurna. Karena itu kepribadian adalah masalah yang sangat sensitivesekali.penyatuan kata dan perbuatan dituntut dari guru, bukan lainperkataan dengan perbuatan, ibarat kata pepatah, pepat diluar runcingdidalam. Guru adalah mitra anak didik dalam kebaikan. Guru yang baik,anak didikpun menjadi baik. Tidak ada seorang guru yang bermaksudmenjerumuskan anak didiknya kelembah kenistaan.

Guru adalah spiritual father atau bapak rohani bagi seorang anakdidik ialah yangmemberikan santapan jiwa dengan ilmu, pendidikanakhlak, dan membenarkannya, maka menghormati guru berartimenghormati anak didik, menghargai guru berarti penghargaanterhadapanak didik, dengan guru itulah mereka hidup dan berkembang, sekiranyasetiap guru itu menunaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Abu Dardaamelukiskan pula mengenai guru dan anak didik itu bahwa keduanya adalahberteman dalam ”kebaikan” dan tanpa keduanya tak akan ada”kebaikan”.

Tingkah laku atau moral guru pada umumnya merupakanpenampilan lain dari kepribadiannya. Bagi anak didik yang masih kecilguru adalah contoh teladan yang sangat penting dalam pertumbuhannya,guru adalah orang pertama sesudah orang tua yang mempengaruhipembinaan kepribadian anak didik. Kalau tingkah laku atau akhlak gurutidak baik, pada umumnya akhlak anak didik akan merusak olehnya,karena anak akan mudah terpengaruh oleh orang yang dikaguminya ataudapat juga menyebabkan anak didik gelisah, cemas atau terganggu jiwakarena ia menemukan contoh yang berbeda atau berlawanan dengancontoh yang selama ini didapatnya dirumah dari orang tuanya.

Sikap guru terhadap agama juga merupakan salah satu penampilankepribadian guru yang acuh tak acuh kepada agama akan menunjukkansikap yang dapat menyebabkan anak didik terbawa pula kepada arustersebut, bahkan kadang-kadang menyebabkan terganggunya jiwa anakdidik.

Cara guru berpakaian, berbicara, berjalan dan bergaul jugamerupakan penampilan kepribadian lain yang mempunyai pengaruhterhadap anak didik. Termasuk juga dalam masalah kepribadian guru itu,sikap dan pandangan guru terhadap fungsinya bagi anak didik.Jadi kepribadian guru adalah unsur yang menentukan keakrabanhubungan guru dengan anak didik. Kepribadian guru akan tercermin dalamsikap dan perbuatan dalam membina Akhlakdan membimbinganak didik.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info