Thursday, June 12, 2014

PERSIAPAN UNTUK WAWANCARA KERJA

Pada saat kita menerima telepon ataupun informasi dari suatu perusahaan yang kita lamar, dimana Perusahaan memanggila Saudara untuk hadir pada Hari..... tanggal......Jam.....untuk menghadiri dan melaksanakan test Wawancara, maka ada baiknya Saudara membaca sedikit Artikel ini karena sangat berarti untuk saudara. Persiapan Untuk menghadapi Wawancara, agar Kelak semoga diterima di perusahaan yang Saudara Idam-idam kan sesuai dengan posisi atau jabatan yang anda lamar. terima kasih.

WAWANCARA KERJA
11.1     Arti Penting Wawancara
            Wawancara merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menjaring pelamar yang ada. Jumlah pelamar pada umumnya jauh lebih banyak daripada posisi atau lowongan yang tersedia. Oleh karena itu, dibutuhkan alat penyaring/alat seleksi yang dapat menemukan orang-orang yang paling cocok untuk menempati posisi tersebut. Mengingat ketatnya seleksi dari perusahaan, seorang pelamar mungkin saja diwawancarai lebih dari satu kali.
            Berbagai aspek, khususnya aspek kepribadian, baik secara verbal maupun nonverbal, sejak memasuki ruang wawancara akan diperhatikan oleh pewawancara. Aspek-aspek kepribadian (personality aspects) yang akan dinilai mencakup :
-          Penampilan secara fisik
-          Gerak-gerik dan sopan santun
-          Rasa percaya diri
-          Inisiatif
-          Kebijaksanaan
-          Tanggap dan kerja sama
-          Ekspresi wajah
-          Kemampuan berkomunikasi
-          Sikap terhadap pekerjaan
-          Selera humor

11.2     Persiapan Wawancara
            Mengingat pentingnya wawancara dalam memasuki dunia kerja, sudah selayaknya pelamar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Berikut merupakan berbagai hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja :
  1. Datang tepat waktu
  2. Bersikap yakin
  3. Siapkan sertifikat diploma, dan surat-surat penghargaan
  4. Berpakaian yang rapi dan sopan
  5. Bersikap tenang
  6. Ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, kecuali jika ada yang mengantar
  7. Tersenyumlah, tetapi jangan tersenyum terus
  8. Tunggu sampai dipersilakan duduk, atau mintalah izin untuk duduk
  9. Ingat nama pewawancara dengan benar
  10. Tataplah pewawancara saat berbicara
  11. Tunjukkan kemampuan diri tetapi jangan berlebihan
  12. Perhatikan pertanyaan pewawancara dengan baik
  13. Bicaralah dengan jelas
  14. Atur nada suara
  15. Tunjukkan minat dan kesungguhan
  16. Bersikaplah jujur
11.3     Cara Mengenali Pekerjaan dan Perusahaan
            Sebelum melakukan wawancara, perlu dicari berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar dan perkembangan perusahaan yang bersangkutan. Informasi dapat diperoleh dari berbagai publikasi resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, baik yang berbentuk jurnal, majalah, atau buletin.
            Wawancara sebagai bentuk komunikasi dua arah (two-way communication) merupakan kesempatan yang baik bagi pelamar untuk menanyakan secara langsung berbagai hal mengenai pekerjaan dan perusahaan kepada pewawancara. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan antara lain :
  1. Apa tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan yang dilamar
  2. Bagaimana kebijakan perusahaan mengenai promosi
  3. Bagaimana kesempatan berkembang dalam perusahaan
  4. Apakah tersedia program pelatihan bagi pegawai baru
  5. Apa yang menjadi produk unggulan perusahaan
  6. Siapa pesaing utama perusahaan
  7. Bagaimana pangsa pasar bagi produk-produk yang diproduksi perusahaan
11.4     Pertanyaan Penting Dalam Wawancara
            Dalam wawancara, berbagai pertanyaan akan diajukan kepada pelamar sehingga pelamar sehingga pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan baik dan benar. Pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara bisa berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar, program pelatihan dan pendidikan yang pernah diikuti, pengalaman kerja, pergaulan antarsesama, penilaian kepribadian, hobi, kepribadian, latar belakang keluarga, dan tujuan karier.

11.5     Tindak Lanjut Wawancara
1. Ucapan terima kasih
            Apa yang perlu dilakukan setelah wawancara berakhir ? Segera setelah wawancara usai, berikan ucapan terima kasih kepada pewawancara meskipun kecil kemungkinannya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan penghargaan atas waktu yang telah disediakan untuk wawancara.

2. Surat Penerimaan Kerja
            Diterima bekerja dengan jabatan serta di perusahaan yang diinginkan merupakan harapan setiap orang. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa membuat surat pemberitahuan dengan baik, dan mengirimkannya sesegera mungkin.

3. Surat Pengunduran Diri
            Surat pengunduran diri (letter declining a job offer) merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja atau mereka yang sudah bekerja, tetapi mendapat atau mengharapkan pekerjaan di tempat lain yang lebih menguntungkan atau yang menjanjikan prospek yang lebih baik daripada pekerjaan yang telah ada.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com