Wednesday, June 18, 2014

Pengertian Koperasi Bisnis Ritel

Disini akan saya jelaskan sedikit tentang pengertian Koperasi Bisnis Ritel, semoga bermanfaat untuk Saudara....

Pengertian Koperasi Bisnis Ritel : Koperasi Bisnis ritel Merupakan kesatuan ekonomi terkecil dari kerangka pembangunan dan pengembangan bisnis ritel “ penjualan eceran” baik berupa barang atau jasa dari suatu perusahaan di jual secara eceran. Yang biasanya dilakukan di kios-kios, toko, atau depot/warung. Untuk membangun perkembangan bisnis ritel ini peran koperasi sangat berarti, tidak hanya sekedar dalam pemberian biaya (modal) kepada anggota Koperasi Bisnis Ritel, peran koperasi disini juga dapat menyamakan harga barang kepada para pengecer dan penyediaan langsung barang kepada pengecer sehingga pengecer tidak perlu lagi membeli barang kebutuhannya, sebab koperasi berusaha penuh untuk menanggulangi segala keperluan pedagang hingga sampai ketempat sehingga lebih efektif dan efesien.

Pengertian Bisnis Ritel : Ritel merupakan merupakan salah satu rantai saluran distribusi yang memegang peranan yang penting dalam penyampaian barang dan jasa kepada konsumen akhir.Ritel meliputi semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang atau jasa secara langsung pada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.

Kotler ( 2003: 535 ) dalam buku Foster (2008:34) mendefinisikan sebagai berikut: “ritel meliputi semua kegiatan yang meliputi semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang atau jasa secara langsung pada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis ”.

Sedangkan menurut Berman dan Ervans (2002 : 3) dalam buku Foster (2008:34) pengertian ritel adalah: “ritel adalah tingkat terakhir dari proses distribusi, di dalamnya terdapat aktivitas bisnis dalam penjualan barang atau jasa kepada konsumen ”.

Dari berbagai pengertian diatas dapat dirumuskan bahwa ritel adalah segala aktivitas perdagangan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk diperdagangkan lagi.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com