Friday, March 22, 2013

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)


Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
Azrah (2003:9) mengatakan bahwa : "Pendidikan Kewarganegaraan adalah merapakan program yang tujuan utamanya untuk mernbina warga negara yang lebih baik menurut kriteria dan ukuran pembukaan Undang­ Undang Dasar 1945".
Depdikbud (1994:2)
Pendidikan Kewargenaraan adalah suatu bidang studi atau mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan rnelestarikan nilai luhur moral yang berakar pada 6angsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku maupun berbagai anggota masyarakat dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Berdasarkan kutipan di atas Pendidikan Kewarganegaraan itu adalah mltuk membentuk perilaku seseorang juga membekali siswa dengan budi pekerti, pengetahuan kemampuan dasar yang diandalkan oleh bangsa dan negara.
C.S.T. Kansil (1994:7) menyatakan bahawa”:
Tujuan dan sasaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan kemampuan memahami menghayati dan meyakini nilai-nilai Pancasila sebagai pecioman berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga menjadi warga negara yang bertangnggung jawab dan dapat diandalkan serta memberi bekal kemampuan untuk belajar lebih lanjut.
Dari kutipan diatas kita simpulkan bahwa untuk mencapai tujuan Pendidikan Kewarganegaraan diperluJkan kerja sama yang baik antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kerja sama tersebut siswa dibawa semakin dapat dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan cara ini siswa alkan lebih aktif dan lebih efektif belajar di sekolah maupun di rumah mengerjakan tugas-tugasnya yang diberikan oleh guru yang bersangkutan.
Mata pelajaran kewarganegaraan merupakan sarana yang dipakai pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai budaya bangsa dan mengenai kebijakan yang dapat menjadi pengetahuan peserta didik sehingga mempunyai kesadaran untuk membangun negara dan bangsa Indonesia.
Kewarganegaraan dipandang sebagai mata pelajaran yang memegang
peranan penting dalam membentuk warga negara yang baik sesuai dengan filsafat bangsa dan konstitusi negara Republik Indonesia. Kewarganegaraan yang membentuk warga negara yang baik, maka selain mencakup dimensi pengetahuan, karakteristik mata pelajaran kewarganegaraan, ditandai dengan pemberian penekanan pada dimensi sikap dan keterampilan (civics).
Disamping itu PPKn juga dimaksudkan membekali peserta didik dengan budi pekerti, pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara ctengan negara serta pendidikan pendahul.uan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan. Ualam penjelasan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dikatakan bahwa “Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air".

4. Perilaku guru pendidikan kewarganegaraan
Di dalam suatu pendidikan yang melibatkan seorang pendidik perlu adanya suatu perilaku yang baik dari seorang guru, khususnya guru PPKn sebab seorang guru PPKn yang rnemberikan materi bagaimana sebenarnya sikap seseorang siswa di dalarn lingkungann sekolah. Karena kita ketahui apabila seorang pendidik itu sendiri tidak memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya maka besar kemungkinan anak didik itu sendiri tidak bisa melakukan suatu tindakan yang baik.
Seorang guru PPKn dituntut untuk memberikan suatu perilaku yang baik, sebab apabila siswa melihat seorang guru bersikap tidak baik maka siswa itu juga akari mengikuti sikap tersebut dan sebaliknya guru yang berperilaku baik akan memberikan dampak positif bagi siswa-siswa di sekolah tersebut.

Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir adalah kristalisasi atau rancangan bangunan (disain penelitian). Dari teori yang telah dikemukakan terlebih dahulu dalam kerangka teoritis, kerangka konseptual ini berfokus kepada masalah yang akan dibawa yaitu variabel hubungan perilaku siswa (X) dan variabel prestasi belajar siswa (Y).
1. Perilaku
Perilaku adalah merupakan seluruh perbuatan perilaku yang ditunjukkan oleh siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
2. Prestasi belajar PPKn
Prestasi belajar PPKn adalah merupakan suatu tingkat pencapaian tertentu yang diperoleh seseorang setelah adanya usaha belajar dengan baik dalam menentukan baik tidaknya prestasi belajar seseorang dapat dilihat dari
keberhasilan seorang dalam menyelesaikan soal atau tugas yang diberikan guru kepadanya.
3. Hubung;an perilaku dengan prestasi belajar PPKn
Prestasi belajar siswa tak terlepas dai usaha pendidikan, pengaiaran yang diberikan kepada siswa. Dalam proses pendidikan sebaliknya ada hubungan antara siswa dengan pendidik. Adanya interaksi ini akan menimbulkan perilaku siswa dan interaksi ini akan dapat mengetahui bagaimana perilaku siswa tersebut.
Perilaku merupakan mula penggerak untuk mengarahkan perhatian terhadap bahan pengajaran pada saat dan sesudah belajar, karena adanya perilaku maka terJadi proses belajar yang baik atau positif artinya pengaruh hasil belajar yang diperoleh kemudian akan mempelancar/membantu proses belajar yang akan dilakukan kemudian.
Untuk dapat melihat hubungan perilaku terhadap prestasi belajar, terletak dalam rasa hormat terhadap peraturan-peraturan, hubungan belajar yang diberikan guru di sekolah secara baik dapat dilakukan siswa yang berdisiplin karena periiaku serta belajar mempunyai hubungan yang erat. Belajar adaltah suatu ilmu pengetahuan dengan mempelajarinya, melainkan dengan mebiasakan belajar serta penanaman perilaku dari sejak kecil dengan memberikan contoh-contoh kepada sifat-sifat yang baik, benar dan jujur. sifat-sifat tersebut dapat dipahami oleh anak-anak apabila orang tua serta guru-guru di sekolah dapat menjadi contoh yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan belajar siswa yang berperilaku baik akan lebih cepat berhasil dalam proses belajar dibandingkan dengan yang berperilaku tidak baik.

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com