Thursday, March 21, 2013

FLUOR DALAM PASTA GIGI ANAK


Telah banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya fluor untuk mencegah terjadinya karies atau menghentikan karies dini. Proses karis menjadi lambat atau berhenti pada orang yang tinggal di daeah yang mengalami fluoridasi (penambahan fluor ke dalam air minumnya) atau yang mendapatkan tambahan fluor melalui berbagai cara  baik secara sistematik maupun secara lokal. Pemakain fluor secara lokal yang biasa dilakukan sehari-hari adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor. Pasta gigi dapat didefenisikan sebgai suatu bahan yang dipakai bersama sikat gigi untuk membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan yati alba, film, food debris dan stain dari permukaan gigi. Menurut American Council on Dental Therapeutics (1970) pasta gigi adalah suatu bahan yang digunakan dengan sikat gigi untuk membersihkan tempat-tempat yang dapat dicapai. Saat ini hampir seluruh pasta gigi yang beredar di masyarakat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, mengandung fluor.

Klasifikasi Pasta Gigi
Semula pasta gigi hanya digunakan untuk mendapatkan efek kosmetik, yaitu membersihkan dan mengkilatkan gigi. Menurut kegunaannya, pasta gigi dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu :
1.      Fungsi kosmetik. Pasta gii kosmetik ini tidak mengandung bahan obat-obatan. Efek penggunaan pasta gigi yang bersifat kosmetik ini adalah untuk
2.      Fungsi kosmetik terapeutik. Penggunaan pasta gigi ini adalah untuk memelihara secara cermat dan menghilangkan plak gigi secara fisis-mekanisme. Efek dari pasta gigi ini adalah sebagai bahan terapi untuk mencegah karies, kalkulus dan menghambat penyakit gingiva
3.      Fungsi terapeutik. Pasta gigi ini mengandung obat-obatan. Fungsi pasta gigi ini adalah membawa obat-obatan ke permukaan gigi atau ke sekitar gigi, misalnya : plak, saliva, dan jaringan mukosa. Efek pasta gigi ini secara klinis dapat mengurangi plak, kalkulus, karies, dan penyakit gingiva, akan tetapi pasta gigi akan berfungsi atau dapat memberikan efek jika obat-obatan tersebut bereaksi secara kimiawi atau secara farmakologi dengan hidroxil apatit. Efek pasta gigi juga tergantung pada ketepatan prosedur atau cara menyikat gigi. Pasta gigi terapeutik ini dibagi lagi dalam dua kelompok, yaitu pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor dan pasta gigi terapeutik yang mengandung fluor.

Pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor
Ada beberapa macam pasta gigi yang termasuk ke dalam pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor, yaitu ;
-          pasta gigi yang mengandung ammonium
-          pasta gigi yang mengandung klorofil
-          pasta gigi yang mengandung antibioktik
-          pasta gigi yang mengandung antienzim
-          pasta gigi yang mengandung oksidator
-          pasta gigi yang mengandung enzim proteolitik
Pasta gigi terapeutik yang mengandung fluor
Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluor merupakan suatu cara pengulasan fluor pada gigi yang telah erupsi. Fungsi dari senyawa fluor pada pasta gigi adalah berekasi dengan permukaan email gigi untuk membentuk suatu senyawa email fluor yang lebih sukar larut dalam suasana asam.
Menurut Fejerskov, reaksi dari aplikasi fluor pada permukaan gigi adalah meningkatkan remineralisasi dan mencegah demineralisasi. Ion kimia yang paling penting dan diharapkan banyak diikat oleh hidroxil apatit adalah ion fluor.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com